Korem 133/Nani Wartabone Gelar Komsos Tangkal Radikalisme dan Separatisme

deLira – Korem 133/Nani Wartabone menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) cegah tangkal radikalisme dan separatisme. Kegitan tersebut mengusung tema “Merawat Kebhinekaan untuk tangkal Radikalisme/Separatisme Dalam bingkai NKRI. Bertempat di Aula Kusno Danupoyo Pulubala-Gorontalo, Selasa (17/11/2020).

Dalam sambutan tertulisnya, sebagaimana dibacakan oleh Kepala Seksi Teritorial Korem 133/NW kolonel Inf. Marthen Pasundang, Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigadir jenderal TNI Bagus Antonov Hardito menyampaikan beberapa hal.

Korem 133/Nani Wartabone
Penyampaian Materi Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme oleh Para Pemateri (foto, Penerangan Korem)

Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito mengatakan, pelaksanaan kegiatan komunikasi sosial cegah tangkal radikalisme dan separatisme, pada dasarnya bertujuan untuk mewujudkan kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme/separatisme bagi segenap komponen bangsa. Untuk membentuk komponen bangsa yang berkepribadian dan berjiwa Bhineka Tunggal Ika demi keutuhan NKRI.

Masih menurut Danrem 133/NW, Beberapa langkah dan strategi dapat dilakukan untuk menghadapi radikalisme dan separatism.  Seperti mulai dari upaya pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan, serta nilai-nilai non kekerasan melalui pendidikan baik formal maupun non formal.

Terapkan Protokol Kesehatan

Sementara itu, kepada seluruh peserta Komunikasi Sosial cegah tangkal radikalisme dan separatism, Danrem berpesan agar senantiasa memanfaatkan forum komunikasi sosial sebagai sarana silaturahmi, berdialo, serta menyimak materi yang disampaikan dalam rangka mencegah, menangkal, membatasi ruang gerak radikalisme dan separitisme di negeri ini. Peserta juga diharuskan mentaati protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Komsos Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme itu, dibuka oleh Kepala Seksi Teritorial Korem 133/NW kolonel Inf. Marthen Pasundang, mewakili Danrem 133/NW.

Setelah acara pembukaan, Komsos dilanjutkan dengan pembahasan beberapa materi. Pertama Materi Wawasan kebangsaan oleh Pasi Bakti TNI, Mayor Inf Taufiq Buhang. Kedua Materi Wawasan Keagamaan perwakilan Kemenag Kabupaten Gorontalo, Chairuddin. Materi ketiga tentang Kewirausahaan disampaikan oleh Ishak Talango dari Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo.

Turut Hadir dalam kegiatan ini antara lain, Mayor Czi Rahim Lubis (Pasi Intel Korem 133/NW), Ishak Mantuli (Ketua LPM Kel. Hutuo), Jufri Amarah (Tokoh Adat Kel. Hutuo), dan Tokoh Masyarakat serta Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Tibawa. ***

Shopping Cart