Kepala Dinas Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo Tegaskan Pentingnya Keamanan Pangan

dLira – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak diolah pangan terus berkembang. Di era pandemi covid-19 ini, dengan mudah ditemukan promosi jualan makanan, baik makanan besar maupun kudapan di jejaring sosial.

Seiring dengan maraknya penjualan berbagai jenis makanan itu, isu keamanan pangan menjadi demikian penting. Tidak dapat dipungkiri, untuk memperoleh untung yang lebih besar, tidak sedikit produsen makanan yang “nakal”. Mereka menambakan bahan-bahan yang tidak boleh dimakan, bahkan bahan berbahaya di makanan yang mereka produksi. Sebut saja Borak, Pewarna Pakaian dan Formalin.

Keamanan pangan penting bagi masyarakat dan generasi mendatang. Karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo menggelar Forum Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Keamanan Pangan. Kegiatan digelar di ball room Aston Hotel & Villas Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan

Dalam arahannya saat membuka kegiatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo menegaskan pentingnya pemahaman keamanan pangan bagi para produsen pangan. Roni Sampir mencontohkan, abai dengan keamanan pangan pada proses produksi makanan, dapat menyeret seseorang ke meja hijau. Mereka akan menghadapi tuntuntan pidana maupun perdata. Namun nyatanya masih ada saja dijumpai makanan mengandung bahan berbahaya.

Roni mengaskan, para pelaku UMKM Khususnya produsen makanan, harus memahami dan mentaati seluruh aturan yang mengatur tentang keamanan pangan. Seperti aturan penggunaan bahan tambahan pangan yang aman bagi makanan. Selain itu, juga harus memahani bahaya yang akan ditimbulkan jika menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti formalin, borak maupun pewarna pakaian pada makanan yang mereka produksi.

Masih menurutnya, makanan yang diproduksi, dan kemudian dikonsumsi, akan memberi pengaruh bagi orang yang memakannya. Jika makanan itu mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan, tentu saja akan menimbulkan penyakit seperti diare bahkan kanker.

Kepala Dinas Kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir

“Pangan yang baik adalah makanan yang harus bebas dari bahan-bahan berbahaya, termasuk pestisida. Karena banyak penyakit yang dapat ditumbulkan akibat memakan makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti kanker,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo itu.

Keamanan Pangan Harus Terus Digaungkan

Lebih lanjut Roni Sampir berharap, sosialisasi tentang keamanan pangan harus terus digaungkan, agar masyarakat khususnya pada pelaku UMKM olahan pangan memahaminya dan lebih perduli dalam memproduksi pangan yang baik dan sehat.

“Saya berharap para peserta Foruk Komunikasi, Informasi dan Edukasi ini dapat menjadi corong menyosialisasikan pentingnya keamanan pangan kepada masyarakat,” pungkas Roni Sampir.

Forum Komunikasi Informasi dan Edukasi Keamanan Pangan yang dilangsungkan selama satu hari penuh itu, menghadirkan pemateri dari Perwakilan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Gorontalo, dan Sekertaris Dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo.-as

Shopping Cart