Tentang Kami

Tak terlepas dari Bencana Alam di Sulawesi Tengah

Berdirinya PT Griya Abon ikan d’Lira, tidak lepas dari gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah. Pasca bencana alam nan dasyat dan menelan korban ribuan jiwa. Oleh sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM/NGO) dari Canada yang beroperasi di Gorontalo, kami diminta membuat bahan makanan berpoterin ikan, namun tidak boleh berbentuk ikan, untuk dibagikan kepada para pengungsi. Baik utuh maupun potongan.

Merasa belum bisa membantu pengungsi secara material, permintaan itu kami sanggupi dengan pemikiran belum bisa membantu secara material, dengan memenuhi permintaan mereka itu, setidaknya kami bisa menyumbangkan tenaga untuk membantu para pengungsi. Saat itu NGO itu tengah menjalankan Program Fish for Sulteng.

Saat itu kami membuat makanan berprotein ikan, berupa Abon Ikan Cakalang dan Abon Ikan Tuna bercitarasa gurih. Selain itu kami membuat orek (kering) tempe dicampur kacang dan teri. Kami membuat lebih dari 65 Kilogram Abon Ikan Cakalang, dan lebih dari 76 Kilogram Abon Tuna dalam satu kali produksi. Abon Cakalang diproduksi dari ikan cakalang segar seberat lebih dari 185 kilogram, sementara ikan tuna segarnya lebid dari 150 kilogram. Selanjutnya kami membuat orek Teri ikan tempe pedas seberat 15 kilogram.

Dikarenakan makan berprotein ikan tersebut diterima baik dan diminati oleh para pengungsi korban bencana, LSM internasiona itu kembali meminta kami memproduksi Abon Ikan Cakalang dan Abon Ikan Tuna dengan jumlah yang kurang lebih sama.

Singkat cerita, setelah berhasil memenuhi permintaan tersebut, dan melihat potensi besar dari usaha pembuat Abon Ikan, kami memutuskan menjadikannya sebuah usaha. Tanggal 23 Oktober 2018, usaha kami Griya Abon Ikan d’Lira didirikan. Kami bermodalkan tekat dan keterampilan membuat Abon Ikan yang sering kami lakukan untuk membuatoleh-oleh keluarga di jawa.

Seiring waktu, kami melakukan inovasi produk, selain membuat Abon Ikan Cakalang d’Lira, kami juga membuat Abon Ikan Sagela d’Lira, Abon Ikan dengan bahan utama ikan Julung-Julung Asap (sagela/Roa).

Kelembagaan sebuah usaha kini menjadi tuntuan untuk bisa semakin berkembang secara luas bahkan hingga keluar negeri. Untuk itu Griya Abon Ikan d’Lira kami daftarkan sebagai Perusahaan Terbata (perseorangan) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia. Sehingga saat ini kami sudah menjadi UMKM berbahan hukum sebagai PT Griya Abon Ikan Dlira.

Legalitas Usaha

Bagi sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perizinan kami rasa sangat penting, untuk melindungi usaha kita secara hukum dan menjamin keamanan produk usaha kita bagi konsumen.

Memenuhi tuntutan legalitas/perizinan usaha, produk Griya Abon Ikan d’Lira telah memiliki beberapa dokumen perizinan, yaitu:

1. Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), Dengan Nomer 502750201001423.
2. Sertifikat Halal Dari Kementrian Agama RI Nomer ID75110000589080822
3. Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (SIUMK) nomer 517/IUMK/161/PATEN.BGM/XII/2018.
4. Nomer Induk Berusaha (NIB) Berbasis Resiko Dengan Nomer 0220207882111
5. Surat Pengesahan Perusahaan Terbatas Perorangan dan Kementriak Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Dengan Kata Lain Kami Telah Mendajdi PT. Griya Abon Ikan d’Lira. Dengan Nomer Pengesahan AHU-000810.AH.01.30.Tahun 2021.
6. Merek d’Lira sudah terdaftar sebagai merek dagang di Kementerian Hukum Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI

Menjadi Binaan Instasi

Dalam perjalannya, karena kualitas produk dan berbagai perizinan yang telah kami miliki, UMKM PT Griya Abon Ikan Dlira dijadikan UMKM Binaan oleh beberapa instasi, baik itu dina pemerintah daerah serta instansi vertical. Seperti 10 di antaranya:

1. Bank Indonesia Provinsi Gorontalo
2. Rumah Kreatif BUMN Bank Rakyat Indonesia (BRI)
3. Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri
4. Rumah Kreatif BUMN Pertamina
5. Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Gorontalo
6. Dinas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi Gorontalo
7. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo
8. Badan Pertanahan Nasional Provinsi Gorontalo
9. Dinas Koperas dan UMKM Kabupaten Gorontalo
10. Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo

Produksi Abon Cakalang dan Sagela d’Lira

Abon Ikan Cakalang d’Lira, dibuat dari 100 persen ikan cakalang segar, dengan bumbu rempah-rempah lengkap pilihan. Abon Ikan Cakalang bercitarasa Gurih (Gurih Nggigit Bikin Nagih).

Abon Ikan Sagela (Roa) d’Lira dibuat dari ikan Julung-Julung asap (Sagela) berkualitas, dengan bumbu rempah-rempah lengkap dan cabai segar pilihan. Abon Ikan Sagela d’Lira bercitarasa Pedas (Pedas Nampol Bikin Kecantholll).

Keunggulan Abon Ikan d’Lira

Berbeda dengan produk abon ikan lainnya, sediaan Abon Ikan d’Lira kering tidak berminyak. Pasalnya dalam pengolahannya tidak mengunakan minyak goreng yang ada di pasar. Kami tidak menggunakan alat pengering makanan seperti halnya Spinner.

Abon Ikan d’Lira Tidak menggunakan MSG dan bahan pengawet. Dikemas dalam kemasan yang aman bagi makanan (Food Grade) serta ramah lingkungan. Di mana kemasannya terbuat dari botol plastik, namun dapat dipergunakan kembali setelah Abon Ikan Cakalang maupun Abon Ikan Sagela d’Lira habis dimakan. Sementara kemasan pouch-nya dapat didaur ulang.

Meski tidak menggunakan bahan pengawet, masa kadaluwarsa Abon Ikan d’Lira yang disimpan dalam suhu ruangan, dapat mencapai satu tahun (12 bulan). Sedangkan masa setelah kemasan dibuka atau periode after open (PAO) mencapai 9 bulan. Akan lebih lama jika disimpan di lemari pendingin.

Kami dalam memproduksi Abon Ikan bermerek d’Lira menerapkan produksi berkelanjutan serta nol sampah bahan produksi (Zero Waste Production).

Pemasaran

Saat ini kami memasakan produk PT Griya Abon Ikan Dlira dengan dua metode. Pertama memasarkan secara luring (offline). Di sini kami bekerjasama dengan retail lokal dan nasional yang ada di Gorontalo, seperti Toko Pia Saronde, Toko oleh-oleh Maharani, swalaya Karsa Utama, Gelael Swalayan, Istana Coklat, serta Korpri mart limboto.

Kedua, kami memasarkan produk PT Griya Abon Ikan Dlira secara daring (Online). Dalam memasarkan produk

memanfaatkan berbagai marketplace dan menggunakan Media Sosial yang ada. Seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, facebook, Instagram, tiktok, whatsapp serta media social lainnya.

Sudah menjadi tuntutan jaman, di era serba digital saat ini, PT Griya Abon Ikan Dlira menerima pembayaran secara daring melalui Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Kami telah melakukan pengiriman Abon Ikan Cakalang d’Lira dan Abon Ikan Sagela d’Lira hampir keseluruh Indonesia. Seperti Aceh, Medan, Palembang, Tagerang, Tangerang Selatan, Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Banjarmasin, Banjabaru, Sorong dan lain-lain.

Komoditi Ekspor Jinjing

Salah satu tujuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah bisa memasarkan produknya ke luar negeri (Export) secara langsung. Demikian juga dengan PT Griya Abon Ikan Dlira. Meski saat ini belum melakukan ekspor dengan mengirim langsung produk kami ke luar negeri, namun sudah banyak Abon Ikan Cakalang d’Lira maupun Abon Ikan sagela d’Lira dijadi produk Ekspor Jinjing. Di mana Abon ikan d’Lira dijadikan oleh-oleh khas Gorontalo oleh wisatawan mancanegara, maupun warga indonesa yang hendak mengunjungi keluarganya di luar negeri.

Abon Ikan Cakalang d’Lira dan Abon Ikan Sagela d’Lira telah dijadikan oleh-oleh ekspor jinjing ke bebera negara, seperti Swedia, Hongkong, Belanda, Islandia, Moskow ,Turki, korea selatan, Arab Saudi, Amerika serikat dan Polandia. Abon yang kering, Praktis, serta Rasa Pedas dan Gurihnya, membuat Abon Ikan Cakalang dan Abon Ikan Sagela d’Lira acap kali dijadikan teman perjalanan keluarg daerah, bahka dijadikan pemenuh kebutuhan saat kangen rasa kuliner Gorontalo. Abon Kami sering dijadikan bekal oleh jamaah haji serta umroh ke tanah suci Mekah dan Madinah.

Sesuai dengan moto kami “From Village for Indonesia and The World” (Dari Desa Untuk Indonesia dan Dunia).

Numbers Speak For Themselves!

4800 +
Curated Products
+
Curated Products
+
Product Categories
5/5
Abon Ikan Cakalang d'Lira benar-benar kering tidak berminyak. Teksturnya lembut namun rasa Ikan Cakalangnya Berasa Sekali. Ayoooo Pesan Segera
Nona

Kami Juga Menjual Oleh-Oleh Khas Gorontalo Lainnya!

Shopping Cart